Minggu, 16 Januari 2011

ELECTRONIC TICKET ( TIKET ELEKTRONIK )

Electronic Ticket atau biasa disebut e-ticket adalah sebuah tiket yang digunakan khususnya dalam dunia penerbangan, yang dibeli melalui website atau telepon. Tiket ini juga bisa didapatkan di agen-agen perjalanan (Travel Agent). Tiket ini menggantikan tiket kertas yang berbentuk buku dengan bentuk tiket yang lebih praktis yang diperoleh melalui alamat e-mail. Tiket elektronik ini ditemukan oleh Joel R. Goheen.

E-ticket ini sudah banyak dijumpai di berbagai airlines, bahkan di Indonesia. Bagi para anggota IATA (International Air Transport Association), penggunaan tiket elektronik ini wajib dilakukan sejak tanggal 1 Juni 2008.

Cara Memperoleh E-ticket

Para calon penumpang dapat mengaksesnya melalui web secara online atau melalui telepon jika ingin memesan tiket di sebuah penerbangan. Kemudian, rincian pemesanan tempat akan tersimpan di dalam komputer. Lalu, sebuah nomor konfirmasi diberikan kepada calon penumpang yang telah memberikan identitasnya, bersama dengan nomor penerbangan, tanggal, lokasi keberangkatan, dan lokasi tujuan. Dan selanjutnya, calon penumpang tersebut dapat mencetak tiket tersebut sebagai bukti pemesanan tiket.

Check-in dengan E-ticket

Setelah calon penumpang memperoleh print-out tiket tersebut, kemudian dapat langsung melakukan check-in di bandara. Penumpang biasanya menuju check-in counter dan menunjukkan e-ticket yang sudah dicetak yang berisi nomor konfirmasi atau kode pemesanan. Kemudian, pihak bandara akan mengkonfirmasi pemesanan tiket dengan identitas penumpang melalui paspor atau kartu kredit yang sesuai dengan identitas di dalam tiket tersebut. Selanjutnya, penumpang dapat memeriksa bagasinya.

Keunggulan E-ticket :

1)  sangat mudah di akses secara online maupun melalui telepon yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja 

2)  harga tiket yang lebih murah karena e-ticket dapat dicetak sendiri sehingga lebih hemat daripada biaya pencetakan kartu tiket manual 

3) penumpang dapat merubah jadwal penerbangan sewaktu-waktu (seperti tanggal penerbangan, bahkan melakukan refunds) sesuai keinginannya berdasarkan pembatasan tiket yang tersedia 

4)  memudahkan proses check-in penumpang bagi pihak bandara 

5) kemanan dapat terjamin karena e-ticket hanya bisa dipakai, diubah, ataupun dibatalkan hanya dengan menunjukkan identitas pemesan tiket dengan paspor atau kartu kredit yang sesuai.
                   Memang banyak manfaat yang diperoleh dari sistem elektronik tiket ini. Namun, tidak semua bandara menggunakan sistem tersebut dengan berbagai alasan, seperti tidak adanya kerjasama antar bandar udara dengan airlines yang menyediakan pemesanan tiket elektronik.

                   Di indonesia, beberapa airlines yang sudah menerapkan electronic tiket adalah garuda airlines, lion air, batavia air, airasia, dan merpati nusantara airlines.



              TERIMA KASIH


              NOVIA CAHYA SYAFITRI (224110225)

              RIZKY INAYAH (224110220)

              0 komentar:

              Posting Komentar